Wamen Silmy Karim Tinjau Layanan Immigration Lounge Pondok Indah Mall

Wamen Silmy Karim Tinjau Layanan Immigration Lounge Pondok Indah Mall

November 27, 2024 By admin

Wakil Menteri Imigrasi dan Pemasyarakatan, Silmy Karim, mengunjungi immigration lounge di Pondok Indah Mall (PIM) 3 Minggu (24/11).

Turut didampingi Plt Direktur Jenderal Imigrasi Saffar M Godam, Sekretaris Direktorat Jenderal Imigrasi Sandi Andaryadi, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM R Andhika Pratama, dan jajaran Ditjen Imigrasi lainnya, kunjungan ini bertujuan untuk meninjau langsung operasional layanan harian yang ada Immigration Lounge Pondok Indah Mall (PIM) 3.

Membangun Pelayanan Publik Yang Konsisten

Silmy Karim berdialog dengan Pemohon di Immigration Lounge


Dalam konteks modernisasi pelayanan publik, sosok Silmy Karim tampil sebagai figur kunci yang mendorong transformasi fundamental di bidang keimigrasian khususnya digitalisasi. Sebagai Wakil Menteri Imigrasi dan Pemasyarakatan, beliau tidak sekadar menduduki jabatan struktural, melainkan menjadi arsitek perubahan dalam memberikan layanan prima kepada masyarakat.

Kunjungan yang dilakukan Silmy Karim ke Immigration Lounge Pondok Indah Mall, yakni untuk melihat kondisi pelayanan percepatan paspor di akhir pekan. Dalam kesempatan ini, Silmy Karim berdialog dan mendapatkan masukan dari Masyarakat yang akan ditindaklanjuti untuk pelayanan yang lebih baik.

“Lakukan terus perbaikan dan pelayanan kepada Masyarakat yang baik, tegas dan tetap santun,” Jelas Silmy.

Kunjungan Silmy Karim ke Immigration Lounge Pondok Indah Mall 3 juga turut meninjau dan memastikan kualitas layanan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan dan harapan pengguna layanan.

“Konsistensi pelayanan di immigration lounge cukup baik, dan saya sempat berdialog dengan pemohon untuk mendapat masukan-masukan dari masyarakat yang akan ditindaklnjuti oleh Pak Dirjen beserta jajarannya untuk pelayanan yang lebih baik, lakukan terus perbaikan, lakukan terus pelayanan terhadap masyarakat yang ramah, baik, tegas dan tetap santun,” tegas Silmy Karim

Berinovasi dengan Mengoptimalkan Teknologi

Wamen Imigrasi dan Pemasyarakatan, Silmy Karim

Immigration Lounge yang diresmikan pada 10 Juni 2024 di Pondok Indah Mall 3 merupakan bukti nyata komitmen Silmy Karim dalam merevolusi sistem pelayanan publik. Konsep ini menghadirkan pendekatan baru yang mendekatkan layanan keimigrasian langsung ke pusat aktivitas masyarakat urban.

Untuk diketahui, Immigration Lounge merupakan unit layanan Keimigrasian dari Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non TPI Jakarta Selatan. Layanan ini khusus melayani percepatan paspor satu hari dan perpanjangan Visa on Arrival (VoA) untuk Warga Negara Asing (WNA).


Berdasarkan data resmi Direktorat Jenderal Imigrasi, Immigration Lounge PIM 3 telah menunjukkan performa impresif dengan menerbitkan 5.686 paspor elektronik sepanjang Juni 2024 hingga Oktober 2024. Angka ini bukan sekadar statistik, melainkan representasi nyata efisiensi dan aksesibilitas layanan.

Immigration Lounge PIM 3 menjadi pilihan bagi masyarakat yang membutuhkan paspor dalam waktu singkat dan berada di pusat perbelanjaan. Adapun tarif layanan percepatan dikenakan biaya sebesar Rp 1 juta dan biaya paspor elektronik sebesar Rp 650 ribu.

Immigration Lounge tidak sekadar menerbitkan paspor, melainkan menyediakan spektrum layanan yang luas:

Lebih lanjut Silmy Karim berharap bahwa dengan adanya Immigration Lounge ini akan semakin mendekatkan layanan Keimigrasian kepada masyarakat dan dapat memberikan manfaat bagi semua pihak.

Dia juga menambahkan, bahwa immigration lounge ini terus berjalan baik. Dia juga mendoakan agar Imigrasi Jaksel dan Ditjen Imigrasi dan Pemasyarakatan sukses.

“Sukses selalu untuk Imigrasi Jakarta Selatan, Direktorat Jenderal Imigrasi dan Kementerian Imigrasi dan Pemasyarakatan” Ujar Silmy Karim mengakhiri kunjungannya.

Komitmen Untuk Terus Berinovasi

Wamen Imigrasi dan Pemasyarakatan, Silmy Karim bersama dengan Jajaran

Transformasi yang dilakukan Silmy Karim di Direktorat Jenderal Imigrasi menandakan babak baru pelayanan publik di Indonesia. Bukan sekadar merombak sistem, melainkan membangun paradigma baru di mana teknologi, humanisme, dan efisiensi berjalan beriringan.

Dengan mengintegrasikan teknologi informasi dalam layanan keimigrasian, Silmy Karim mendorong terciptanya ekosistem birokrasi yang lebih cerdas, responsif, dan berbasis data. Immigration Lounge bukan sekadar fasilitas administratif, melainkan infrastruktur penting yang memfasilitasi mobilitas global masyarakat Indonesia. Hal ini secara signifikan mendukung dinamika ekonomi dan hubungan internasional.

Melalui pendekatan komprehensif dan inovatif, Silmy Karim tidak sekadar mengubah cara kerja birokrasi, melainkan mengubah persepsi masyarakat terhadap pelayanan publik. Ke depan, dengan kepemimpinan visioner seperti Silmy Karim, Indonesia dapat optimistis akan semakin mudahnya akses layanan publik, khususnya dalam urusan keimigrasian.

Table of Contents

Related Tags & Categories :

Article

Karir

#Imigrasi

#Silmy Karim

#Silmy Karim Karir

#Wamen Imigrasi